Selasa, 29 September 2009

Tugas Pengantar Penelitian Kebudayaan

Nama : Maha Dewi Widayaningsih
NPM : 10606042
Kelas : 4 SA 01
Pengantar Penelitian Kebudayaan

Jelaskan kekurangan dan kelebihan dari:
1.Etnografi versi awal
Kekurangan dari etnografi versi awal adalah hasil penelitian yang kurang empiris karena para antropologi tidak pernah turun langsung ke lapangan, sehingga membuat penelitian yang dilakukan kurang lengkap.
Kelebihannya adalah teknik etnografi yang dipakai pada masa itu. Wawancara yang panjang dan berulang-ulang kali dengan beberapa informan.
2.Etnografi versi modern
Kelebihannya adalah pada masa ini para peneliti terjun langsung ke lapangan. Mereka melakukan observasi sambil berpartisipasi langsung dalam masyarakat yang diteliti. Sehingga kesimpulan atau hasil penelitian yang didapat, seperti struktur sosial dan budaya, merupakan penjelasan atau interpretasi dari si peneliti itu sendiri.
Kekurangan dari etnografi versi modern adalah penelitian yang hanya mempelajari mengenai kehidupan masa kini yang sedang dijalani oleh anggota masyarakat.
3.Etnografi versi baru
Kelebihannya adalah para peneliti harus mengeluarkan atau menguak sendiri hal-hal yang ada di dalam pikiran masyarakat tersebut, seperti struktur sosial dan kebudayaan. Hasil atau kesimpulan dari penelitian yang dilakukan bukan merupakan interpretasi dari si peneliti.
Kekurangan dari etnografi versi baru adalah para peneliti tidak menggunakan komunikasi atau bahasa dalam usahanya untuk mengungkapkan bagaimana cara suatu masyarakat mengorganisasikan budaya mereka dan kemudian mempergunakannya di dalam kehidupan sehari-hari.
4.Etnografi baru ala Spradley
Kelebihannya adalah Spradley menjadikan etnografi sebagai landasan untuk memahami masyarakat, baik dalam ruang lingkup kecil maupun masyarakat multikultural di dunia..
Secara keseluruhan tidak ada kekurangan dari etnografi baru ala Spradley, karena etnografi ini adalah penyempurnaan dari etnografi versi modern dan etnografi versi baru. Ia bahkan menemukan sebuah metode yang disebut dengan Alur Penelitian Maju Bertahap (Development Research Sequence), metode ini dapat digunakan agar penelitian yang akan dilakukan dapat dikerjakan secara sistematis, terarah, dan efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar